Minggu, 26 Juni 2011

Bolgul Soft Cake Jepang by Martha Putranti

Dear Nyonya Bolgul,
 
Mohon maaf sebenernya sudah dikirim dari hari Sabtu, ternyata salah alamatnya, semoga yang kali ini benar dan bisa diterima

Dear NCCers dan Nyonya Bolgul,
Akhirnya memberanikan diri untuk ikutan bolgul week.Mohon maaf masih standart banget,belum berani modifikasi macem-macem. Resep ini diambil dari bukunya Koko Hidayat,"Japanese Cake".Yang saya pakai adalah resep soft roll cake 1,dibikin 1/2 resep,karena takut gagal. Resepnya sebagai berikut :
Bahan :
A. 6 btr kuning telur
     2 btr putih telur
    1/4 sdt vanili
    65 gram gula pasir
     1/2 sdt emulsifier
B. 25 gram terigu protein rendah (tp saya pake segitiga,yg ada di dapur)
    15 gram maizena
    10 gram susu bubuk

C. 40 gram mentega,cairkan
     25 ml minyak goreng

Filling : whipped cream atau boleh juga butter cream
Keju chedar parut

Cara Membuat :
1. Kocok bahan A hingga mengembang dan kental.Masukkan bahan B,lalu kocok dgn kecepatan rendah sampai merata
2. Masukkan bahan C,aduk hingga rata.Tuang adonan ke dalam loyang,yg saya pake 28x28 tinggi 4 cm.Mungkin sebaiknya loyang uk 26 atau 24 ya,jd agak tebal (maaf niy saya masih jelek dlm konversi loyang)Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan margarin dan dialasi kertas roti.
Untuk motif atasnya bisa disesuaikan dengan selera kita,mau polkadot atau zig zag,caranya cukup sisakan 2 sdm adonan beri 1/2 sdt pasta cokelat,aduk rata,masukkan plastik segitiga,dan gunakan sesuai keinginan.
3.Panggang selama 10 menit dengan suhu 200 C.
4.Setelah matang langsung dilepas dari loyang,gulung dengan serbet bersih.Usahan serbetnya tidak bertekstur jd kulitnya gak ikut tekstur serbet (soalnya td saya pake serbet bertekstur).
5.Saat sudah dingin beri filling yang diinginkan,kemudian gulung lagi.Masukkan dlm kulkas 10 menitan,untuk memadatkan isi,baru kemudian dipotong dgn ketebalan yg diinginkan

Cake ini lembut sekali,anak saya langsung habis 3 potong. Saya masih kurang puas dengan bentuknya,soalnya td cakenya miring,jd bagian yg tipis lebih keras,dan alasnya agak gosong,jd warnanya kurang cantik.Cukup senang karena bisa gulung lumayan bagus,menurut saya.
Mohon maaf kalo masih kurang kreatif. Mohon masukan dan kritikannya.

Salam bolgul,

Martha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar