Minggu, 26 Juni 2011

Bolu Gulung Kukus Vla Coklat By Amelia

Selamat malam nyonya gulung 1 dan nyonya gulung 2

Walopun masih ABG dan belum jago banget buat kue (karna sering bantetnya, hahahahaa),
tapi ga tahan liat resep dan poto-poto bolgul temen-temen semuaaaaa......
Jadi sore tadi saya berniat membuat bolu gulung, apapun yang terjadi (halah lebay dehh)
(makasih semangatnya ya mba Dwee Dwek dan mba Titis, saya ambil resep yang gampang aja...)

Setelah diliat dan dipilih resep yang dikirim teman-teman (liat di nccbolgulweek.blogspot.com)
akhirnya saya pilih resepnya mba Yofi ,mbak Ayu, (dan yang pasti ijin sama mba yang pertama kali buat bolgul dengan resep ini), Ijin copas ya Yofi - saya plek ikutin resep mba, simpel dan cuma menggunakan 2 telur, dan berharap mudah-mudah dengan di kukus, bolunya ngembang....hehehehe....


Berikut resepnya :

40 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt emulsifier
2 btr telur
50 gr tepung terigu
50 ml santan kental (saya pakai susu cair)
pasta coklat secukupnya

Bahan Vla :
2 sdm tepung maizena
150 ml santan encer (saya pakai susu cair coklat)
40 gr gula pasir
1/4 sdt garam
Keju parut secukupnya

Cara membuat :
1. Kocok gula pasir, garam, emusifier dan telur hingga mengembang
2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit dengan kecepatan rendah (sampai sini saya masih bagus/kental)
3. Masukkan susu cair aduk balik sampai rata
4. Ambil 1 sdm adonan beri pasta coklat untuk membuat motif kembang
5. Tuang adonan ke loyang 22x22x4 cm yang telah dialasi kertas roti
6. Buat motif sesuai selera
7. Kukus adonan hingga matang selama 10 menit
8. sambil menunggu adonan matang, kita buat vlanya, campur semua bahan vla, masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih dan kental (tadi saya tinggal, jadi agak gosong dikit), angkat dan dinginkan
9. Angkat adonan, keluarkan dari loyang dan biarkan uang panasnya hilang
10. Ratakan vla diatas bolu, beri parutan keju, gulung dan padatkan
11. Simpan dalam lemari pendingin hingga vla beku
12. Potong sesuai selera dan sajikan

Dereeereeeeemmmmm.... akhirnya jadi juga bolgul saya sore ini
Walaupunnn tetap agak bantet, tapi bolgulnya laris manis diserbu anak-anak dan misua
dan pastinya saya senang bisa memberanikan diri buat ikutan Bolgul Week ini

terima kasih
*salam abg*
Amel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar