Senin, 13 Juni 2011

Bolu Gulung Topping Strawberry by Indrawulan

Selamat malam Nyonya Gulung dan 2 dan teman semuanyah
Mau ikutan lapor bolgul yah.
Sebenernya ini kedua kali saya bikin bolgul.
Pertama bbrp bulan lalu bikin bolu gulung pisang, ntah knapa gagal.
Nah ini mumpung ada bolgul week jadi terpacu lagi nyoba.
Resep saya lihat dari mbak Ricke -- Ordinary Kitchen--, judulnya bolu gulung ekonomis.
Tapi mungkin waktu nyatet resep saya lagi ngantuk berat (alesan dot com), yg saya catat tepung maizena 100gram bukan 10gram.
Waktu nyicil nimbang2 sih udah ga enak perasaannya tapi teteup aja aku timbang sebanyak itu.
Nah setelah anakku tidur, sebelum naikin otang ke kompor aku liat lagi resep asli.
Huaaaa.....beneran feelingku tadi, kok maizena nya aneh banyak banget.
Karena semua tepung dah tercampur, sambil panik langsung aku tambahin aja 3 kuning telur, plus 30gram gula halus, plus 50gram untuk mentega cair.
Weh jadi curhat kepanjangan.....
 
Btw ini resepnya ya:
 
Bahan:
6 butir telur utuh + 3 butir kuning telur
120 gram gula pasir halus (saya pakai gula halus)
1 sdm cake emulsifier
70 gram terigu protein sedang
100 gram maizena (huaaaa…padahal resep aslinya Cuma 10 gram)
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence
175 gram mentega, lelehkan dan dinginkan

Loyang ukuran 20 x 20 cm dan 22 x 25 cm
Filling:
50 gram whipcream bubuk dikocok dengan 100 gram air dingin banget.
Topping:
100 gram strawberry, blender kasar.

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih.
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Beri filling, gulung sambil dipadatkan.
6. Tutup dengan sisa whipcream, taburi strawberry yang telah diblender kasar.

Sambil nunggu kocokan telur jadi kental berjejak aku siapin pasta strawberry buat dicampur nanti ke adonan supaya warnanya pas dengan toppingnya. Tapi saking paniknya malah lupa, hehee...
Alhamdulillah bolgulku selamat, cuma teksurnya jadi agak2 kayak sponge cake n kurang manis dikit, tapi kalo makannya bareng sama fillingnya sih dah pas secara whipcream kan cukup manis :).
Seneeeng banget akhirnya bisa gulung menggulung n skarang jadi penasaran sama resep2 bolgul lain. 
Makasih yaa...

-- Indrawulan --
+628158817107

http://rereskitchen.blogspot.com/
fb: iin cantik
twitter: rereskitchen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar